SEKS BERISIKO PICU KUTIL KELAMIN TERUS KAMBUH

JAKARTA - Kutil kelamin (genital warts) merupakan penyakit infeksi menular seksual yang masih lumayan banyak diderita oleh masyarakat. 

Data dari Center for Disease Control (CDC) bahkan menyebut 8 dari 10 orang akan terinfeksi kutil kelamin selama hidupnya.
 
Penyakit kutil kelamin disebabkan Human Papilloma Virus (HPV). Penyakit ini sering dianggap sepele karena tidak memiliki gejala yang khas.
 
Meskipun dapat disembuhkan, tidak sedikit penyakit kutil kelamin dapat alami kekambuhan. 

Disampaikan oleh Dokter Spesialis Kelamin dari Klinik Pramudia, dr. Amelia Soebyanto, Sp.DV, kekambuhan penyakit kutil kelamin terjadi tergantung dari infeksi virus HPV dan imunitas tubuh.
 
"Kalau saat terinfeksi imunitas kuat, nanti sebagian virus bisa tertidur saja di dalam tubuh. Tetapi ada juga yang tidak muncul selama bertahun-tahun sehingga ketika muncul terjadilah kekambuhan," katanya dalam webinar tentang Genital Warts beberapa waktu lalu.

dr. Amelia melanjutkan, kekambuhan pada kutil kelamin juga bisa terjadi karena pasien menjalani pengobatan yang tidak tuntas. 

Untuk itu, pasien perlu menjalani evaluasi ulang seperti melakukan kontrol secara rutin pada dokter untuk mengetahui apakah virus HPV sudah benar-benar hilang atau nanti bisa muncul kembali di kemudian hari.
 
Selain itu, pasien yang sudah sembuh tetapi masih melakukan aktivitas seks berisiko juga bisa alami kekambuhan berulang. Aktivitas seks berisiko yang dimaksud adalah bergonta-ganti pasangan seks dan tidak menggunakan pengaman seperti kondom.
 
"Jadi, meski sudah sembuh tetapi partner seksnya lebih dari satu berisiko alami kekambuhan berulang. Makanya, setia pada satu partner saja agar terhindar dari kekambuhan," imbuh dr. Amelia.
 
Ia pun menyarankan agar masyarakat bisa melakukan pencegahan salah satunya melakukan vaksinasi HPV. Efektivitas vaksin HPV pun sudah terbukti secara klinis dapat mencegah penularan virus HPV hingga 100% untuk mereka yang belum aktif secara seksual. 

Bagi mereka yang sudah melakukan aktivitas seks pun, vaksin HPV masih tetap efektif.

 

SUMBER :

LINK: https://www.validnews.id/kultura/seks-berisiko-picu-kutil-kelamin-terus-kambuh 

Kontak Informasi

Jl. KH.Moh.Mansyur No.205, RT.1/RW.1, Krendang, Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11250.

Telepon (021) 63855777

WhatsApp 08112777549

Fax (021) 63855778

Email Infodok@pramudia.co.id

Jam Buka Klinik

Senin - Jumat :
11.00 - 19.00
Sabtu :
11.00 - 19.00
Minggu :
TUTUP