Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Kutil Kelamin

Kutil kelamin merupakan salah satu penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) yang paling sering terjadi di dunia. Penyakit ini bisa dialami siapa saja yang aktif secara seksual. Kutil kelamin berbeda dengan kutil yang tumbuh di bagian tubuh lain. Kutil kelamin berukuran kecil hingga besar dan tidak mudah dikenali.

Tanda dan Gejala Kutil Kelamin

  • Kutil biasanya tumbuh dengan ukuran kecil sehingga tidak terlihat dengan kasat mata, namun lama kelamaan akan menjadi besar.
  • Tumbuh benjolan seperti daging tumbuh yang menyerupai kulit.
  • Bentuk kutil kelamin menyerupai benjolan berwarna kemerahan ataupun abu-abu.
  • Bintik-bintik kutil tumbuh berdekatan dan terlihat seperti jengger ayam, atau terlihat seperti kembang kol.
  • Bintik-bintik kecil yang muncul menjadi banyak dan lambat laun membentuk kelompok yang besar.

Beberapa komplikasi yang disebabkan oleh kutil kelamin, antara lain memicu terjadinya kanker di daerah kemaluan, mulut dan tenggorokan, maupun gangguan kehamilan. Bayi yang terlahir dari ibu dengan kutil kelamin berisiko mengalami infeksi kutil di tenggorokan.

Penyebab dan Penyebaran Kutil Kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh virus HPV (human papillomavirus). Penyebaran kutil kelamin terjadi melalui hubungan seksual, baik melalui vagina, maupun secara oral atau anal. Di samping itu, virus ini juga bisa menular melalui sentuhan tangan penderita kutil kelamin yang menyentuh kelamin sendiri yang terkena virus, lalu menyentuh kelamin pasangannya.

Penyebaran kutil kelamin juga dapat terjadi akibat berbagi penggunaan alat bantu seks (sex toys). Pada kasus yang jarang terjadi, kutil kelamin dapat menular dari ibu yang terinfeksi virus ke bayi. Perlu diketahui, kutil kelamin tidak menular melalui ciuman, atau media tertentu seperti alat makan, handuk, dan toilet duduk.

Pengobatan dan Pencegahan Kutil Kelamin

Ketika kutil kelamin menyebabkan gejala yang mengganggu, dokter dapat mengobatinya dengan obat-obatan yang mengandung asam trikloroasetat. Selain itu, dokter juga dapat melakukan  prosedur bedah seperti: Eksisi, Electrocautery, Krioterapi, dan Bedah laser.

Pencegahan Kutil Kelamin bisa dilakukan dengan sejumlah cara, seperti: tidak melakukan seks bebas, menggunakan kondom saat berhubungan intim, tidak berbagi alat bantu seks, serta pencegahan dengan cara imunisasi HPV.

(Disadur dan disunting dari www.alodokter.com/kutil-kelamin)

Kontak Informasi

Jl. KH.Moh.Mansyur No.205, RT.1/RW.1, Krendang, Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11250.

Telepon (021) 63855777

WhatsApp 08118076777

Fax (021) 63855778

Email INFODOK@PRAMUDIA.CO.ID

Jam Buka Klinik

Senin Jumat :
10.00 21.00
Sabtu :
10.00 17.00
Minggu :
TUTUP