WASPADA KUTIL KELAMIN YANG MENULAR LEWAT SEKS BEBAS, APA GEJALANYA?

HUBUNGAN seksual yang tidak sehat seperti tanpa pelindung ataupun berganti-ganti pasangan semacam seks bebas dapat meningkatkan risiko terkena infeksi menular seksual (IMS). Salah satunya yakni genital warts yang diakibatkan oleh Human Papilloma Virus (HPV).

Genital warts atau yang secara awam disebut kutil kelamin ini mempengaruhi jaringan-jaringan yang lembab di area genital.

“Gejala genital warts bisa terlihat seperti benjolan kecil berwarna daging atau kadang tampak seperti kembang kol,” kata dr Amelia Soebyanto, SpDV, selaku Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Pramudia dalam webinar pada Rabu (15/6/2022).

Dia menjelaskan, genital warts memang tidak langsung menimbulkan keluhan bagi penderitanya. Bahkan dalam banyak kasus, kadang genital warts ini juga terlalu kecil sehingga sulit terlihat.

“Tanda adanya genital warts adalah benjolan halus atau kasar berwarna kulit, merah muda, maupun keabuan. Ada juga yang bentuknya seperti kembang kol, yang bila semakin lama bisa semakin banyak dan membesar dengan cepat dalam beberapa minggu sampai beberapa bulan,” ujarnya.

Selain itu, sambung dia, pada beberapa kasus, ada beberapa gejala yang perlu disadari. Di antaranya timbulnya gatal atau ketidaknyamanan di area genital dan perdarahan saat berhubungan.

Kontak Informasi

Jl. KH.Moh.Mansyur No.205, RT.1/RW.1, Krendang, Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11250.

Telepon (021) 63855777

WhatsApp 08112777549

Fax (021) 63855778

Email Infodok@pramudia.co.id

Jam Buka Klinik

Senin - Jumat :
11.00 - 19.00
Sabtu :
11.00 - 19.00
Minggu :
TUTUP